Cara Memandikan Anjing Pomeranian
Cara Memandikan Anjing Pomeranian

Cara Memandikan Anjing Pomeranian

Hello Sobat Flona, kali ini kita akan membahas tentang cara memandikan anjing Pomeranian. Pomeranian merupakan salah satu ras anjing yang cukup populer di Indonesia karena memiliki bulu yang lebat dan tebal. Agar bulunya tetap sehat dan bersih, perlu dilakukan perawatan rutin, termasuk mandi. Namun, memandikan anjing Pomeranian tidak semudah memandikan anjing lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk memandikan anjing Pomeranian dengan benar.

1. Siapkan Semua Perlengkapan

Sebelum memandikan anjing Pomeranian, pastikan semua perlengkapan sudah disiapkan dengan baik. Hal-hal yang perlu disiapkan antara lain shampoo khusus untuk anjing, handuk, sikat bulu, shower, dan kain lap. Pastikan juga air yang digunakan sudah cukup hangat dan tidak terlalu panas.

2. Bersihkan Telinga dan Mata Terlebih Dahulu

Sebelum memandikan anjing Pomeranian, bersihkan telinga dan mata terlebih dahulu. Gunakan kapas atau kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan kotoran di telinga dan mata. Jangan menggunakan kapas atau kain yang sama untuk membersihkan keduanya agar tidak menimbulkan infeksi.

3. Sikat Bulu Sebelum Memandikan

Sebelum memandikan anjing Pomeranian, sikat bulunya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan bulu yang rontok. Bulu yang kusut dapat membuat air mandi sulit meresap hingga ke kulit anjing. Sikat bulu dengan gerakan yang lembut agar anjing tidak merasa sakit atau tidak nyaman.

4. Basahi Bulu Secara Merata

Setelah bulu disikat, basahi bulu secara merata dengan air hangat. Pastikan air meresap hingga ke kulit anjing. Jangan menggunakan shower atau selang yang terlalu keras, karena dapat membuat anjing merasa takut atau tidak nyaman.

5. Gunakan Shampoo Khusus untuk Anjing

Setelah bulu terbasahi, gunakan shampoo khusus untuk anjing. Jangan menggunakan shampoo manusia, karena dapat membuat kulit anjing menjadi kering dan gatal. Usapkan shampoo secara merata di seluruh bulu anjing dengan gerakan lembut. Hindari menggosok bulu terlalu keras, karena dapat merusak kulit dan bulu anjing.

6. Bilas dengan Air Hangat

Setelah shampoo terusapkan di seluruh bulu anjing, bilas dengan air hangat secara merata hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa shampoo yang tertinggal di bulu anjing, karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit anjing.

7. Lap Bulu dengan Handuk

Setelah bulu anjing bersih, lap bulunya dengan handuk yang bersih dan kering. Usapkan handuk secara lembut dan hindari menggosok bulu terlalu keras. Jangan biarkan anjing Pomeranian terlalu lama dalam keadaan basah, karena dapat menimbulkan infeksi pada kulit.

8. Keringkan dengan Hair Dryer

Jika bulu anjing Pomeranian terlalu lebat dan tebal, gunakan hair dryer untuk mengeringkan bulu secara merata. Pastikan hair dryer diatur pada suhu yang rendah dan jangan terlalu dekat dengan kulit anjing. Gunakan hair dryer dengan gerakan yang lembut dan jangan biarkan terlalu lama pada satu bagian bulu.

9. Bersihkan Kotoran di Kuku

Setelah bulu anjing Pomeranian kering, bersihkan kotoran di kuku dengan menggunakan gunting kuku atau kuku pemotong khusus untuk anjing. Jangan memotong terlalu pendek, karena dapat melukai kulit anjing. Bersihkan juga kotoran di antara jari-jari kaki dengan menggunakan kapas atau kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat.

10. Berikan Hadiah sebagai Reward

Setelah selesai memandikan anjing Pomeranian, berikan hadiah sebagai reward. Hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan pada anjing dan membuatnya merasa senang. Hadiah yang diberikan dapat berupa makanan kesukaan atau mainan kesukaan anjing.

Kesimpulan

Memandikan anjing Pomeranian memang membutuhkan perhatian dan kesabaran yang lebih. Namun, dengan melakukan perawatan rutin, bulu anjing Pomeranian akan tetap sehat dan bersih. Pastikan semua perlengkapan sudah disiapkan dengan baik sebelum memandikan anjing Pomeranian. Bersihkan telinga dan mata terlebih dahulu, sikat bulu, basahi bulu secara merata, gunakan shampoo khusus untuk anjing, bilas dengan air hangat, lap bulu dengan handuk, keringkan dengan hair dryer, bersihkan kotoran di kuku, dan berikan hadiah sebagai reward. Semoga tips ini bermanfaat bagi Sobat Flona yang memiliki anjing Pomeranian di rumah.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *