Cara Merawat Shih Tzu
Cara Merawat Shih Tzu

Cara Merawat Shih Tzu

Pendahuluan

Hello Sobat Flona, apakah kamu memiliki shih tzu sebagai hewan peliharaan? Shih tzu adalah anjing yang sangat populer di Indonesia karena penampilannya yang lucu dan imut. Namun, untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan shih tzu kamu, perlu perawatan yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara merawat shih tzu yang sehat dan bahagia.

Perawatan Gigi dan Mulut

Shih tzu sangat rentan terhadap masalah gigi dan mulut seperti plak dan karang gigi. Oleh karena itu, kamu perlu menggosok gigi shih tzu setidaknya dua kali seminggu menggunakan pasta gigi khusus anjing. Selain itu, periksakan gigi dan mulut shih tzu kamu secara rutin ke dokter hewan untuk menghindari masalah yang lebih serius.

Memotong Kuku

Shih tzu memiliki kuku yang tumbuh dengan cepat, sehingga kamu perlu memotong kuku shih tzu setiap 2-3 minggu sekali. Jangan lupa memotong ujung kuku shih tzu dengan hati-hati agar tidak melukai jaringan lunak di dalam kuku.

Perawatan Bulu dan Kulit

Shih tzu memiliki bulu yang panjang dan lebat, sehingga perlu dirawat dengan baik. Sikat bulu shih tzu kamu setiap hari untuk menghindari kerusakan dan rontok. Selain itu, mandikan shih tzu kamu setiap 1-2 minggu sekali menggunakan sampo yang khusus untuk anjing. Pastikan untuk mengeringkan bulu shih tzu kamu dengan benar setelah mandi untuk menghindari infeksi kulit.

Asupan Makanan

Asupan makanan yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan shih tzu kamu. Berikan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Jangan memberikan makanan manusia pada shih tzu kamu karena bisa menyebabkan masalah pencernaan dan kesehatan.

Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan shih tzu kamu. Berikan shih tzu kamu kesempatan untuk bermain dan berolahraga setiap hari. Namun, jangan terlalu memaksa atau berlebihan dalam memberikan aktivitas fisik pada shih tzu kamu.

Perawatan Kesehatan Rutin

Perawatan kesehatan rutin seperti vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan secara berkala sangat penting untuk menjaga kesehatan shih tzu kamu. Pastikan untuk mengunjungi dokter hewan setidaknya dua kali setahun untuk memeriksa kesehatan dan mendapatkan vaksinasi yang diperlukan.

Perawatan Telinga

Telinga shih tzu juga perlu dirawat dengan baik untuk mencegah infeksi dan masalah lainnya. Bersihkan telinga shih tzu kamu setiap minggu sekali menggunakan kapas atau tisu yang lembut. Pastikan untuk tidak memasukkan benda asing ke dalam telinga shih tzu.

Perawatan Mata

Mata shih tzu juga perlu dirawat dengan baik untuk mencegah infeksi dan masalah lainnya. Bersihkan mata shih tzu kamu setiap hari menggunakan kapas atau tisu yang lembut. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan kimia yang keras pada mata shih tzu kamu.

Perawatan Anus

Perawatan anus shih tzu juga perlu diperhatikan. Bersihkan anus shih tzu kamu setelah buang air besar menggunakan tisu yang lembut atau kapas yang dibasahi. Pastikan untuk membersihkan dengan hati-hati dan tidak menyakiti anus shih tzu.

Perawatan Kandang

Kandang shih tzu juga perlu dirawat dengan baik untuk menjaga kesehatan shih tzu kamu. Bersihkan kandang shih tzu kamu setiap minggu sekali menggunakan sabun dan air bersih. Pastikan untuk mengganti alas kandang secara rutin dan menghindari kandang yang terlalu kecil atau terlalu besar.

Perawatan Kebersihan

Kebersihan shih tzu kamu juga harus diperhatikan. Bersihkan shih tzu kamu setiap beberapa hari sekali menggunakan tisu basah atau kapas yang dibasahi. Pastikan untuk membersihkan bagian-bagian tubuh shih tzu yang sulit dijangkau seperti lipatan kulit.

Perhatian dan Kasih Sayang

Perhatian dan kasih sayang adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan shih tzu kamu. Berikan waktu dan perhatian yang cukup pada shih tzu kamu setiap hari. Mainkan dan ajak shih tzu kamu berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Penghindaran Stres

Shih tzu juga bisa mengalami stres, sehingga kamu perlu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan stres pada shih tzu kamu. Hindari kebisingan yang berlebihan, tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin, dan lingkungan yang tidak bersih.

Perawatan Grooming

Grooming shih tzu juga perlu diperhatikan. Bawa shih tzu kamu ke salon grooming setidaknya satu kali sebulan untuk merapikan bulu dan kuku shih tzu kamu. Pastikan salon grooming yang kamu pilih terpercaya dan memiliki pengalaman yang cukup dalam merawat shih tzu.

Perawatan saat Sakit

Jika shih tzu kamu sakit, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan mencoba memberikan obat-obatan tanpa resep dari dokter hewan karena bisa berbahaya bagi kesehatan shih tzu kamu.

Penghindaran Benda Asing

Penghindaran benda asing seperti mainan kecil atau makanan yang tidak layak dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Pastikan lingkungan sekitar shih tzu kamu aman dan bebas dari benda asing yang bisa membahayakan kesehatan shih tzu kamu.

Perawatan saat Musim Hujan

Musim hujan bisa membawa masalah bagi shih tzu kamu seperti infeksi kulit atau flu. Pastikan untuk menghindari lingkungan yang terlalu basah atau tergenang air. Jangan biarkan shih tzu kamu terlalu lama dalam keadaan basah dan pastikan untuk mengeringkan bulu shih tzu kamu dengan benar setelah berjalan-jalan di luar rumah saat musim hujan.

Penghindaran Terlalu Banyak Berjemur

Shih tzu juga bisa mengalami masalah kulit jika terlalu banyak berjemur di bawah sinar matahari. Pastikan shih tzu kamu tidak terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari dan gunakan tabir surya khusus anjing jika diperlukan.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara merawat shih tzu yang sehat dan bahagia. Pastikan kamu melakukan perawatan yang baik dan benar pada shih tzu kamu agar tetap sehat dan bahagia. Jangan lupa untuk memberikan perhatian dan kasih sayang yang cukup pada shih tzu kamu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *